Mengenal Berbagai Macam Door Hardware

Seperti telah dibahas pada artikel sebelumnya, yaitu tentang beberapa kesalahan dalam pemilihan material, pada artikel ini akan membahas terkait pemilihan material door hardware. Pada spesifikasi material yang tercantum dalam RKS (Rencana Kerja dan Syarat-syarat), item door hardware sering disebut dengan penggantung dan pengunci. Kesalahan yang sering ditemui adalah, pada RKS dinyatakan menggunakan pintu jendela aluminium, tapi beberapa item door hardware menyebutkan jenis hardware yang sebenarnya untuk pintu jendela kayu. Contohnya adalah penyebutan spring knip dan ramskar (yang merupakan hardware untuk jendela kayu). Untuk jendela aluminium, fungsi spring knip ada pada casement handle (rambuncis) dan fungsi ramskar ada pada friction (casement) stay.

Kemungkinannya, kekeliruan itu terjadi karena persoalan copy paste, yang terlewat dari control check sebelum hasil perencanaan diprint out. Namun bisa juga terjadi karena ketidaktahuan penyebutan untuk masing-masing door hardware (ironmongery). Biasanya ini terjadi pada proyek-proyek skala menengah atau kecil. Ragam jenis door hardware memang tidak banyak yang digunakan di proyek skala ini. Namun untuk proyek skala besar, tentu banyak digunakan ragam jenis door hardware, karena tipe atau jenis pintu dan jendela juga lebih beragam.

Untuk itu, artikel ini mencoba memberikan pengenalan ragam jenis door hardware (ironmongery) atau yang disebut penggantung & pengunci dalam bahasa Indonesia. Berikut ditampilkan pada gambar-gambar di bawah dan keterangan penamaannya.

Cukup banyak jenisnya ya. Tapi sebetulnya itu belum semua. Karena belum menampilkan hardware untuk pintu frameles (patch fitting) dan hardware untuk pintu darurat (panic hardware).

Leave a Reply

FacebookTwitterLinkedInInstagram
%d bloggers like this: